Friday, November 18, 2011

Tentang Camping G3-1112

Camping siswa kelas 3 setiap tahun selalu punya cerita yang menarik. Dari kegiatan camping satu malam ini terkuak fakta bahwa yang sebenarnya punya masalah keterikatan atau ketergantungan terhadap keluarga adalah orangtua siswa. Meminjam istilah psikologi, orangtua itu insecure –merasa tidak aman, tidak nyaman, merasa ada yang hilang. Ada orangtua yang tidak bisa tidur gara-gara anak tersayang tidak berada di dekatnya. Ada orangtua yang gelisah karena kehilangan ‘bau’ dan ‘suara’ sang anak. Ada orangtua yang ngotot minta ikut tidur di sekitar lokasi camping dengan alasan tidak bisa tidur kalau tidak ada si anak. Ada orangtua yang datang ke guru dengan air mata lara karena kuatir anaknya tidak bisa tidur. Padahal mereka tidak tahu, si anak yang mereka kuatirkan baik-baik saja. Mereka hepi-hepi saja.

Itulah kekuatan kebersamaan dan kekuatan kasih sayang Guru. Anak-anak yang terikat common share, common goals, dipadu dengan kasih sayang guru akan menjadi mudah untuk merasa aman, secure. Perasaan itulah yang membuat mereka merasa di rumah atau di lokasi camping sama saja, sama-sama aman dan menyenangkan (atau bahkan camping lebih menyenangkan daripada di rumah).

Setiap kegiatan yang diadakan Putra Bangsa selalu punya ciri khas yang khusus. Sejauh saya berkunjung ke berbagai sekolah di Klaten untuk tujuan penelitian, saya belum menemukan ciri ini. Bahwa setiap guru, semua guru ikut terlibat dalam merumuskan hingga mem-paripurna-kan kegiatan secara serentak atau bergilir. Keterlibatan mulai dari hal ‘kecil’ sampai hal ‘besar’. Inilah kekuatan Guru-guru Putra Bangsa. Di tengah-tengah kesibukan menyelesaikan rutinitas masing-masing, setiap Guru berusaha untuk ikut andil dalam kegiatan-kegiatan sekolah.

Well, dengan rasa kagum dan mettacittena saya membuat catatan kecil ini untuk mengapresiasi semua upaya yang telah dilakukan oleh para Guru. Semoga Ibu dan Bapak sekalian bahagia dan sejahtera. Semoga yang terbaik datang pada kita semua.

Klaten, 18 November 2011

Dee

No comments:

Post a Comment